INGREDIENT'S #9


1.   Strawberry 

Hasil gambar untuk strawberry


     Strawberry adalah salah satu tanaman buah yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Meskipun namanya mengandung kata "berry", ternyata strawberry tidaklah masuk dalam keluarga beri-berian seperti halnya blueberry dan cranberry. Karena buah strawberry berbeda dari buah berry lainnya, yakni bijinya tidak terletak di dalam daging buah, melainkan di sisi luar daging buahnya.

     Dalam dunia kuliner, strawberry adalah buah primadona. Bisa diolah menjadi selai, sirup, manisan, bahan campuran susu, topping kue, dan lain sebagainya. Buah strawberry juga memiliki banyak manfaat. Strawberry memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan dibutuhkan oleh tubuh, yaitu untuk mencegah kanker, menghaluskan dan merawat keindahan kulit, mencegah dan mengobati masalah mulut dan gusi, meredakan diare, mengobati sakit sendi atau encok, dan mencegah stroke.

     Adapun kandungan gizi yang dimiliki strawberry adalah kalori 32 kkal, karbohidrat 7,7 gr, protein 0,7 gr, kalsium 16 mg, zat besi 0,41 mg, magnesium 13 mg, fosfor 24 mg, kalium 153 mg, sodium 1 mg, vitamin A 1 IU, vitamin C 58,8 mg, dan vitamin B1 0,02 mg.

2.   Raspberry 


Hasil gambar untuk raspberry

     Raspberry adalah tanaman semak yang dapat tumbuh di berbagai wilayah di dunia. Nama keluarga tanaman ini adalah Rubus. Jenis Raspberry yang dibudidayakan secara komersial adalah buah yang berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Raspberry yang matang memiliki warna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan, yang sepenuhnya tergantung pada jenisnya, serta memiliki rasa yang manis. Berbeda dengan berry lainnya, raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya.

     Pemanfaatan raspberry adalah dapat diolah menjadi selai, jus atau hiasan pada berbagai jenis cake. Selain itu, raspberry juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya mencegah peradangan, kanker, penyakit jantung, diabetes, alergi, penurunan kognitif (hari tua), dan degenerasi penglihatan.

     Raspberry memiliki kandungan kalori 63.000 kkal, karbohidrat 14,7 gr, protein 1,5 gr, kalsium 3 mg, zat besi 5 mg, sodium 1 mg, vitamin A 1 mg, dan vitamin C 54 mg.

3.   Blueberry 


Hasil gambar untuk blueberry


     Blueberry termasuk ke dalam keluarga berry yang memiliki rasa paling manis sehingga disukai oleh banyak orang. Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli Amerika Utara, mereka juga tumbuh di belahan selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

     Blueberry bisa dikonsumsi sebagai buah segar atau jus, sebagai campuran pada es krim, kue, salad, sereal, yoghurt, pancake, muffin, roti, bisa dibuat menjadi selai, jelly, dan juga buah kering. Blueberry juga berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, antiangiogenik, dan laksatif ringan. Kandungan antioksidan blueberry bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit mata, menghambat pertumbuhan kanker, mengobati gangguan sirkulasi darah seperti varises, wasir dan tukak lambung, menjaga kesehatan saluran kencing, yaitu dapat mengeliminasi infeksi E. coli.

     Blueberry merupakan buah yang memiliki kandungan kalori 57 kkal, karbohidrat 14,49 gr, protein 0,74 gr, lemak 0,33 gr, kalsium 6 mg, zat besi 0,28 mg, magnesium 6 mg, fosfor 12 mg, kalium 77 mg, sodium 1 mg, vitamin A 54 IU, vitamin C 9,7 mg, dan vitamin B10,037 mg.


Komentar

Postingan Populer