Famous Food #4


1.  Bubur kacang hijau
 Hasil gambar untuk bubur kacang hijau
bubur kacang hijau adalah bubur  yang berasal dari Madura dengan kacang hijau sebagai bahan dasarnya, di padu dengan santan dan gula merah serta biasanya menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma dari bubur kacang hijau itu sendiri.
Kacang hijau merupakan palawija yang sangat terkenal di kawasan tropika.
Biji dari kacang hijau merupakan bagian yang paling bernilai ekonomi, dimana biasanya orang menjadikan biji kacang hijau sebagai bubur yang di sebut bubur kacang hijau, selain itu biji kacang hijau juga biasa digunakan sebagai isi dari jajanan bakpao atau onde onde, sedangkan untuk kecambah kacang hijau bisa di jadikan sayur, tidak cuma itu, kacang hijau juga bisa di olah menjadi tepung untuk kemudian di buat mie atau yang biasa di kenal dengan nama mie soun.
Kandungan dan Manfaatnya
Kacang hijau adalah tanaman pendek bercabang tegak.  Bunganya ada yang kuning kehijauan atau kuning pucat.  Dari bunga itulah terbentuk Polongan yang berisi mulai dari 10 hingga mencapai 15 biji kacang hijau
Kandungan dan manfaat : Kacang hijau mengandung banyak protein, vitamin B, A dan E.  Selain itu juga melancarkan buang air besar dan menambah semangat.
Kacang hijau merupakan salah satu tanaman Leguminosae yang cukup penting di Indonesia.  Sampai saat ini kurangnya perhatian ini di antaranya disebabkan oleh hasil yang dicapai per hektarnya masih sanagat rendah.
Tanaman kacang hijau diduga berasal dari kawasan India dan telah lama dikenal sebagai tumbuhan kacang dan ditanam oleh para petani di Indonesia.  Kacang hijau memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman kacang-kacangan yang lain yaitu :
  1. lebih tahan terhadap kekeringan
  2. hama dan penyakit relative sedikit
  3. panen relative cepat, pada umur 55-60 hari
  4. cara tanam dan pengelolaan dilapangannya serta perlakuan pasca panen relative mudah
  5. kegagalan panen total relatif kecil
  6. harga jual tinggi dan stabil
  7. dapat dikonsumsi langsung dengan pengolahan yang mudah.
Resep Bubur Kacang Hijau :

Kelebihan dan Kekurangan:
1.Kelebihan
  • Mudah dibuat, bahannya tidak terlalu susah untuk dicari di pasaran
  • Biaya pembuatan murah
  • Manfaatnya cukup banyak
  • Rendah kolesterol
  • Dapat disajikan dengan dingin maupun hangat
  1. Kekurangan
  • Pembuatannya memerlukan waktu agak lama karena harus merebus kacang hijau hingga lunak
Database makanan dan penghitung kalori

100 Gram (G)
Informasi Gizi
Ukuran Porsi: 100 gram (g)

per porsi
Kilojoule
451,872 kj
Kalori
108 kkal
Lemak
3,06 g

Lemak Jenuh
2,532 g

Lemak tak Jenuh Ganda
0,174 g

Lemak tak Jenuh Tunggal
0,136 g

Kolesterol
0 mg
Protein
3,54 g
Karbohidrat
17,76 g

Serat
2,8 g

Gula
8,35 g
Sodium
46 mg
Kalium
161 mg
Terakhir Diperbarui: 26 Mar 18 06:29
5%
dari AKG*
(108 kal)
5% AKG
Rincian Kalori:

Karbohidrat (63%)

Lemak (24%)

Protein (13%)

2. Bubur Ayam

Hasil gambar untuk bubur ayam

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.
Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan hangat-hangat, serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan.
·         Penyajian

Banyak jenis dan variasi bubur ayam yang ada, tetapi resep paling lazim adalah bubur ayam yang disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam, seledri, ditambah irisan cakwe sebagai pelengkap, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap asin, kecap manis dan merica menjadi penambah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan yang banyak digemari. Seledri dan tongcai (sayuran yang diasinkan biasanya terbuat dari lobak) juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam seperti hati, empela, usus dan telur.

Bubur ayam lazim dijumpai di Indonesia, mulai dari dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan. Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat atau pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri, misalnya Bubur Ayam Sukabumi biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga termasak setengah matang. Bubur Ayam Tegal yang menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam. Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita. Yang penting sebelum bubur disantap, kita harus mengaduk rata semua isian bubur sampai bubur dan semua pelengkapnya tercampur menjadi satu kesatuan.
·         Kandungan Gizi
Informasi Gizi
Ukuran Porsi
1 mangkok
Per porsi
Energi
1558 kj
372 kkal
Lemak
12,39g
Lemak Jenuh
3,352g
Lemak tak Jenuh Ganda
2,955g
Lemak tak Jenuh Tunggal
5,04g
Kolesterol
72mg
Protein
27,56g
Karbohidrat
36,12g
Serat
1,9g
Gula
0,19g
Sodium
584mg
Kalium
406mg
Terakhir Diperbarui: 12 Apr 13 12.12 AM
19%
dari AKG*
(372 kal)
19% AKG
Rincian Kalori:

Karbohidrat (40%)

Lemak (30%)

Protein (30%)
*Berdasarkan AKG dari 2000 kalori

https://d1nept1345ks2.cloudfront.net/static/images/icons/icon_camera.gifFoto

https://dtchbgs4aqydg.cloudfront.net/food/36623bed-45c1-49c5-96a4-66e4e2d069a4_sq.jpg

Ringkasan Gizi:

Kal
372
Lemak
12,39g
Karb
36,12g
Prot
27,56g

Terdapat 372 kalori dalam Bubur Ayam (1 mangkok).
Rincian Kalori: 30% lemak, 39% karb, 30% prot.

Ukuran porsi umum:

Ukuran Porsi
Kalori
https://d1nept1345ks2.cloudfront.net/static/images/icons/blue_bullet.png 100 gram (g)
https://d1nept1345ks2.cloudfront.net/static/images/icons/blue_bullet.png 1 porsi (240 g)

Jenis terkait dari Bubur Jagung:



Komentar

Postingan Populer