DESCRIBES SOME FOODS IN MY INTERNSHIP PLACE #3


Terminologi Beef Stroganoff


Asal usul beef stroganoff sudah jelas dari Prancis, dan sebagian besar ahli kuliner, seperti Darra Goldstein—penulis “A Taste of Russia”—sepakat bahwa koki Prancis terkenal yang bekerja untuk pencinta makanan Count Pavel Stroganoff adalah orang yang berjasa membuat hidangan itu menjadi popular seperti saat ini. Sang koki memodifikasi masakan Prancis beef fricassee agar lebih sesuai dengan selera majikan Rusianya dengan menambahkan krim asam.

Beef stroganoff telah popular sejak pertengahan abad ke-19, masuk ke dalam edisi perdana ‘kitab suci’ kuliner prarevolusioner klasik Rusia yang bergengsi terbitan 1861, “A Gift to Young Housewives” (Hadiah bagi Ibu Rumah Tangga Muda), yang ditulis oleh Elena Molokhovets. Masakan ini juga masuk dalam L’Art Culinaire di tahun 1891, dan tak lama kemudian hadir di Larousse Gastronomique, di mana masakan ini bercokol sejak saat itu.

Revolusi 1917 membuat kalangan ningrat Rusia—sekaligus tradisi mereka—tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beef stroganoff diadopsi oleh koki Tiongkok dengan menyingkirkan krim asam dari resep, membumbuinya, dan menghidangkannya di atas nasi. Dari sana, resep itu diekspor oleh prajurit Amerika pada 1940-an ke AS. Di negeri Paman Sam, masakan ini disajikan di atas mie telur. Sayangnya, resep ini agak dirusak oleh hasrat orang Amerika yang ingin menghemat waktu. Mereka mencampur resep tersebut dengan sup krim jamur kalengan dan saus tomat Heinz sebagai sausnya, yang tentu tak bisa menggantikan rasa orisinil yang kuat yang dihasilkan perpaduan krim asam, mustard, tomat, dan tumis jamur yang telah memenangkan hati Count Pavel.
Kali ini, saya akan menyajikan resep asli beef stroganoff dan menghidangkannya dalam cara Rusia yang tradisional, yakni ditemani tumis kentang parut dan acar mentimun asam.
Resep Beef Stroganoff
Ingrediens
·         600 gr daging sapi sirloin, rendam dalam kecap atau saus Worcestershire (kecap Inggris) selama satu jam
·         400 gr jamur putih, potong menjadi empat bagian dan tumis menggunakan mentega dan anggur putih
·         1 sdt bubuk mustard kering
·         1 sdt gula
·         Bubuk merica hitam
·         1 sdt minyak sayur
·         1 butir bawang bombai ukuran sedang, cincang halus
·         2 sdt saus tomat
·         4 sdt tepung terigu
·         80 ml anggur putih atau dry vermouth
·         350 ml kaldu sapi
·         120 ml krim asam
·         1 sdm peterseli cincang
Method
1.     Tumis jamur dengan anggur putih dan mentega, lalu sisihkan.
2.    Campur bubuk mustard dan gula dengan 2 sdt air panas hingga berubah menjadi saus.
3.    Olesi wajan dengan minyak dan panaskan hingga berasap. Tepuk-tepuk daging yang sudah direndam dengan tisu dapur agar kering, kemudian masak sampai kedua sisinya kecokelatan. Sisihkan.
4.    Tambahkan bawang bombai, jamur, merica bubuk dan setengah sdt garam dapur dan masak sampai kecokelatan selama lima menit. Tambahkan saus tomat dan tepung, lalu ma
5.    sak hingga sayur dan saus tercampur rata.
6.    Tambahkan kaldu, anggur, dan saus mustard. Masak hingga mendidih dan kikis bagian dasar wajan untuk melepas bagian-bagian yang kecokelatan.  
7.    Kecilkan api dan masak hingga saus mulai mengental, kurang lebih selama lima menit.
8.    Iris sirloin secara diagonal dengan ketebalan sekitar tujuh mm. Tambahkan daging beserta cairan yang ada ke dalam saus dan masak hingga daging hangat
9.    Angkat wajan dari api dan biarkan hingga masakan berhenti mendidih. Tambahkan krim asam dan 1 sdm anggur. Hidangkan bersama hiasan peterseli.
10. .
Deskripsi
·         Colours : warnanya coklat
·         Taste : Rasanya sendiri gurih,asam dan manis
·          Testur : agak kental atau creamy

Terminologi mie jawa


Mi goreng berarti "mi yang digoreng"  adalah makanan yang populer dan digemari di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Mi goreng terbuat dari mi kuning yang digoreng dengan sedikit minyak goreng, dan ditambahkan bawang putih, bawang merah,udang serta daging ayam atau daging sapi, irisan bakso, cabai, sayuran, tomat, telur ayam, dan acar. Makanan ini sangat populer dan dapat ditemui di mana-mana di Indonesia, mulai dari pedagang pinggir jalan (kaki lima) sampai restoran mewah. Mi goreng juga dapat ditemukan di warung mamak di Malaysia dan Singapura. Versi mi instan dari mi goreng juga sangat populer, seperti Indomie Mi goreng.

Masakan ini berasal dari Chow mein, mi China, dan dipercaya dibawa oleh para pendatang Cina ke Indonesia, Malaysia, and Singapura. Mi goreng juga mirip dengan Yakisoba dari Jepang. Akan tetapi mie goreng sudah sedemikian rupa terintegrasi ke dalam seni kuliner Indonesia. Sebagai contoh mie goreng membubuhkan kecap manis sebagai bahan penting. Untuk menyesuaikan dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan adalah muslim, mi goreng biasanya tidak menggunakan daging babi maupun lemak babi. Biasanya mi goreng menggunakan udang, daging ayam, atau daging sapi

Recipe Mie Goreng Jawa
Ingrediens
·         1 bungkus (2 potong) mie telur kering, rebus hingga matang lalu tiriskan dan tambahkan 1 sendok makan minyak goreng, aduk rata
·         5 butir kemiri sangrai
·         4 siung bawang putih
·         2 sendok makan Kecap Bango Manis Pedas Gurih
·         1/4 sendok teh lada putih bubuk
·         1/4 sendok teh garam
·         1 sendok teh gula pasir
·         5 butir bakso sapi, potong
·         100 gram udang pancet atau udang galah kupas
·         200 gram kol, potong
·         200 gram sawi hijau / caisim, potong-potong
·         2 tangkai daun bawang, potong bulat 1 cm
·         1 tangkai daun seledri, potong kasar
·         1 bungkus Royco sapi
·         2 butir telur ayam, kocok lepas
·         5 sendok makan minyak goreng
Method
1.     Tumis bumbu halus hingga harum dan matang betul, kemudian masukkan bakso, udang, tumis hingga berubah warna lalu tambahkan telur. Setelah telur matang, masukkan sayuran, Royko, garam, dan gula.
2.    Tambahkan mie dan kecap. Aduk hingga bumbu merata dengan mie.
Deskripsi
·         Colours : warna dari Mie jawa dominan coklat karena terdapat campuran kecap pada  mie .
·         Taste : Rasanya sendiri domianan manis dan gurih  
·          Testur : agak kering


Terminologi Masakan CapCay (CapJay) 


Capcay (pinyin: zasui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti sepuluh dan Cay artinya sayur.

Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam. Di Amerika “cap-cay” cah disebut “chop-suey” dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika, dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Anda, mungkin penasaran, bagaimana mungkin “cap-cay” cah berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.

Jangan bingung, sejarah “cap-cay” memang terdiri dari banyak versi. Versi terpopuler adalah ketika duta besar Cina Li Hung, mengunjungi kota New York pada tanggal 29 Agustus 1896, tukang masaknya berusaha menciptakan masakan yang bisa diterima oleh diplomat Cina dan Amerika. Dan menurut catatan sejarah, “cap-cay” goreng memang terhidang sebagai salah satu menu. Versi lain yang lebih kuno, menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti Qing. Dimana jerohan di masak bersama sayur-sayuran untuk membuatnya tampil lebih elok dan lebih sehat.

Ada satu versi yang menurut saya lebih masuk akal, adalah masakan ini diciptakan oleh kaum Imigran Cina yang berkelana kemana-mana. Yaitu masakan yang ditentukan oleh nasib. Apapun sayur yang didapat hari ini, dipotong semua dan dimasak jadi satu. Kalau cuma ada 2 sayur, maka cap-cay-nya cuma terdiri 2 sayur itu. Tapi kalau nasib baik hari ini dan punya sayur lebih, maka cap-cay cah lebih mewah. Sederhana dan praktis. Masalahnya kapan masakan cap-cay cah ini ditemukan ? Karena di Cina sendiri, masakan ini tidak dikenal. Hanya di Taishan, Cina yang majoritas penduduknya berkelana dan menjadi kaum imigran, masakan cap-cay cah dikenal.

Recipe Capcay

·         200 gr baby corn, potong serong
·         200 gr wortel, kupas kulitnya, potong serong ½ cm
·         150 gr kembang kol, potong sesuai kuntumnya
·         100 gr caisim, potong-potong ukuran 3 cm
·         100 gr kol, potong-potong ukuran 2 cm
·         2 batang daun bawang, potong-potong ukuran 2 cm
·         100 gr jamur merang, belah 2
·         200 gr fillet ayam, iris tipis 2 X 3 cm
·         4 butir bakso ikan, iris-iris
·         150 gr udang, buang kulit dan kepalanya, belah punggung, sisakan ekornya
·         3 sdm minyak goreng untuk menumis
·         4 siung bawang putih, cincang halus
·         2 cm jahe, cincang halus
·         1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
Saus :
·         200 ml kaldu
·         3 sdm kecap asin
·         ½ sdt minyak wijen
·         1 sdm saus tiram
·         1 sdm angciu
·         1 sdt gula pasir
·         1 sdt merica bubuk
Method:
1.      Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2.     Masukkan daging ayam, aduk sampai daging ayam kaku, lalu tambahkan udang dan bakso ikan, aduk dan masak sampai udang berubah warna.
3.     Masukkan baby corn, wortel, kembang kol, caisim, kol, daun bawang dan jamur. Tuangi campuran saus, masak hingga seluruh bahan cukup matang.
4.    Masukkan larutan tepung kanji, aduk sampai kuah agak mengental, angkat. Hidangkan selagi panas.
Deskripsi

·         Colours : warna dari Capcay warna earni tapi domina hijau
·         Taste : Rasanya sendiri gurih
·         Testur : agak kental



Komentar

Postingan Populer