Ingredients #2

1.     MINYAK ZAITUN

Hasil gambar untuk minyak zaitun

Semakin besarnya kesadaran masyarakat modern akan pentingnya kesehatan membuat nama minyak zaitun kian populer di dunia. Minyak esensial satu ini didapat dari buah zaitun (Olea europae), tumbuhan tradisional Mediterania. 

Bagi Anda yang belum pernah melihat pohon zaitun, pohon ini memiliki batang berwarna abu-abu yang keriput dan ramping dengan cabang yang pecah-pecah. Pohon ini bisa tumbuh hingga setinggi 50 meter di habitat alami mereka. Selain itu, usianya pun bisa mencapai lebih dari 500 tahun.

Buah zaitun sendiri berbentuk bulat dan berwarna hijau saat mentah dan berubah menjadi kekuningan ketika sudah mulai matang.

Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sangat menyehatkan karena kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi, terutama asam oleik dan polifenol. Itulah mengapa minyak ini tak hanya umum digunakan untuk memasak, namun juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan dan bahkan obat-obatan herbal.
        SEJARAH
 
Pohon zaitun sendiri telah disebut-sebut sebagai salah satu spesies tanaman tertua di dunia. Bahkan masyarakat kuno Mesir telah memanfaatkan zaitun sebagai obat-obatan. Menurut bukti yang ditemukan, pohon zaitun telah ada di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu.

Asal muasal pohon ini masih diperdebatkan hingga sekarang. Namun, sebuah teori mengatakan, pohon zaitun pertama kali dibudidayakan dari pohon zaitun liar di perbatasan Turki dan Suriah.

Sejak zaman Alkitab, pohon ini telah menjadi lambang kesucian, kedamaian hingga persatuan. Sedangkan dalam literatur Islam, zaitun termasuk pohon yang diberkati Allah SWT.

Tak heran jika sejak zaman dulu pohon zaitun menjadi sumber pangan, minyak, kayu dan obat-obatan. Beberapa manfaat kesehatan minyak zaitun mulai dari mencegah penyakit jantung, mencegah kanker usus dan payudara, menurunkan kadar gula darah, mencegah osteoporosis dan masih banyak lagi.

PROSES PEMBUATA

Minyak zaitun menjadi satu-satunya minyak dari tumbuh-tumbuhan yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya. 
Sebenarnya secara umum minyak ini bisa didapat dengan memeras buah zaitun tanpa melibatkan suhu panas atau bahan kimia. Minyak yang dihasilkan dinamakan extra virgin olive oil yang dianggap sebagai minyak zaitun paling berkualitas.

Beberapa varian minyak zaitun lainnya diambil dari perasan kedua dan ada pula yang telah mengalami rangkaian proses khusus seperti penyaringan, pemurnian dan masih banyak lagi.

          MANFAAT MINYAK ZAITUN

1.      Menjaga kesehatan jantung
Minyak zaitun yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal tentunya merupakan minyak yang sehat untuk digunakan sebagai minyak untuk memasak dan sebagai saus salad.

Khasiat minyak zaitun bisa menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah penyakit jantung. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara sekitar kawasan Mediterania.

Penelitian tersebut didukung dengan penelitan selanjutnya yang membuktikan bahwa manfaat minyak zaitun bisa untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun bisa melindungi lemak ‘jahat’ yaitu LDL dari oksidasi, meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, dan mencegah penggumpalan darah.
2.     Khasiat Minyak Zaitun untuk Mencegah stroke
Stroke adalah penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung yang sering ditemukan di negara-negara maju. Stroke terjadi karena aliran darah ke otak mengalami gangguan baik karena pembekuan darah maupun adanay pendarahan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ,manfaat minyak zaitun melalui kandungan asam lemak tak jenuh tunggal bisa menurunkan risiko stroke. Hal inilah yang membuat kejadian stroke jarang ditemui di negara-negara Mediterania.
3.     Mengurangi risiko penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2

Manfaat minyak zaitun bisa untuk mengurangi penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun membuat tubuh terlindung dari penyakit Diabetes Mellitus tipe 2.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin. Pola diet Mediterania telah membantu orang-orang di kawasan tersebut memiliki risiko penyakit diabetes mellitus tipe 2 yang rendah.
4.    Manfaat Minyak Zaitun untuk Melawan penyakit Alzheimer

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit alzheimer. Penyakit Alzheimer ini juga umum terjadi di dunia ini. Penyebab dari penyakit alzheimer adalah adanya penumpukan plak beta amiloid di dalam sel otak manusia.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun berkhasiat untuk menghilangkan plak-plak tersebut dari sel otak. Pola diet yang menggunakan minyak zaitun sebagai minyak utama bisa menurunkan risiko dan mengobati penyakit alzheimer.
5.    Mengobati penyakit rheumatoid arthritis
Penyakit rheumatoid arthritis adalah sebuah penyakit autoimun yang memiliki gejala umum berupa nyeri sendi. Rheumatoid terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal tanpa kesengajaan.

Pemberian minyak zaitun per oral bisa mengurangi stres oksidatif pada penderita rheumatoid arthritis. Milikilah pola diet yang mengkombinasikan minyak zaitun dengan minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bisa berfungsi sebagai antiinflamasi.

KANDUNGAN GIZI
Jumlah Per 100 g

100 g
Kalori (kcal) 884
Jumlah Lemak 100 g

Lemak jenuh 14 g

Lemak tak jenuh ganda 11 g

Lemak tak jenuh tunggal 73 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 2 mg

Kalium 1 mg               

Jumlah Karbohidrat 0 g

Serat pangan 0 g

Gula 0 g

Protein 0 g


Vitamin A
0 IU
Vitamin C
0 mg
Kalsium
1 mg
Zat besi
0,6 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
0 mg

2.    MINYAK CANOLA

Hasil gambar untuk CANOLA OIL

Minyak canola adalah alternatif minyak sayur selain minyak zaitun yang jauh lebih sehat. Namun, banyak orang yang tidak tahu bahan pembuat minyak satu ini.

Perlu diketahui, minyak canola dibuat dari tanaman bunga berwarna kuning yang indah. Minyak canola pertama kali dibuat oleh Kanada. Bahkan, nama 'canola' diambil dari gabungan kata 'Canadian' (orang Kanada) dan 'oil' (minyak). Demikian dilansir dari laman Huffington Post.

SEJARAH

 Tanaman canola pertama kali dibudidayakan pada tahun 1960-an oleh para peneliti dari University of Manitoba. Mereka menggunakan tanaman rapeseed, sebutan bagi beberapa kelompok tumbuhan Brassica napus yang dibudidayakan untuk diambil minyak dari bijinya.

Para peneliti tersebut menggunakan metode budidaya tradisional terhadap tanaman rapeseed untuk membuang asam erusic dan glukosinalate yang terkandung di dalamnya.

Kedua kandungan tersebut merupakan zat beracun yang sempat membuat Food and Drug Administration (FDA), atau badan pengawas keamanan makanan dan obat-obatan di Amerika Serikat, melarang konsumsi minyak rapeseed pada tahun 1956.

Tanaman hasil budidaya menggunakan metode baru lantas dipatenkan pada tahun 1970 dan masih terlihat sama dengan tanaman rapeseed, namun merupakan tanaman yang benar-benar berbeda, dengan kandungan nutrisi yang juga berbeda.

          MANFAAT MINYAK CANOLA

1.     Membuat jantung sehat

Minyak canola dikenal sebagai salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak yang mengandung paling sedikit lemak jenuh membantu jantung yang sehat. Asam lemak dan juga sterol yang terkandung dalam minyak canola bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Minyak canola adalah pilihan yang sehat, karena bebas kolesterol. Fitosterol dalam minyak dapat menurunkan pembentukan dan penyerapan kolesterol yang diperoleh dari sumber makanan lainnya.

2.    Menurunkan peradangan

Minyak canola dapat membantu menurunkan peradangan. Ini adalah obat untuk asma dan arthritis. Hal ini dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan dengan demikian meningkatkan mobilitas.

3.    Meningkatkan energy

Minyak ini membantu metabolisme tubuh. Ini tidak akan membiarkan tingkat energi Anda rendah karena kandungan antioksidannya yang kaya dan juga kandungan kolesterolnya.

4.     Menurunkan risiko kanker

Minyak ini ternyata bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker. Kandungan vitamin E dalam minyak canola diketahui efektif dalam mencegah kanker dan menurunkan perkembangan penyakit di tubuh.

5.    Menurunkan kadar gula darah

Penggunaan minyak canola ternyata efektif dalam menjaga kadar gula darah. Penderita diabetes tercatat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah setelah penggunaan minyak canola.

ingginya lemak tak jenuh tunggal, yang membantu mengendalikan kadar gula darah atau insulin.

6.    Mencegah penuaan otak
Manfaat kesehatan dari minyak canola juga mengandung bahan yang bisa meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penuaan otak.

7.    Membuat kulit sehat

Minyak canola digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak yang terkandung dalam minyak menjaga kulit tetap bergizi dan melembabkan. Minyak ini sangat ideal untuk kulit kering.

Minyak canola juga digunakan untuk mengobati noda, keriput dan juga infeksi kulit. Minyak canola mengandung vitamin E dan antioksidan, yang membuat kulit kenyal dan awet muda.

8.    Kesehatan rambut

Minyak canola adalah cara alami untuk mendapatkan rambut yang sehat. Ini memberi nutrisi pada rambut dan kulit kepala, dan membantu melawan ketombe.

Rambut kering dan keriting bisa diobati dengan menggunakan minyak canola, karena minyak ini menembus jauh ke dalam kulit kepala, yang bisa meningkatkan kualitas rambut.

Minyak ini juga mempercepat pertumbuhan rambut dan terbukti efektif dalam mengurangi rambut rontok.

KANDUNGAN GIZI MINYAK CANOLA
Jumlah Per

100 g
Kalori (kcal) 884
Jumlah Lemak 100 g

Lemak jenuh 8 g

Lemak tak jenuh ganda 26 g

Lemak tak jenuh tunggal 61 g

Lemak trans 1,8 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 0 mg

Jumlah Karbohidrat 0 g

Serat pangan 0 g

Gula 0 g

Protein 0 g


Vitamin A
0 IU
Vitamin C
0 mg
Kalsium
0 mg
Zat besi
0 mg
Vitamin D
0%
Vitamin B6
0 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
0 mg

 3. COCONUT OIL

Hasil gambar untuk coconut oil


Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa  segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. 

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan. 

Sejarah Minyak Kelapa di Indonesia ini merupakan salah satu minyak khas Indonesia yang sudah terkenal luas di seluruh dunia akan manfaat dan khasiat dari minyak kelapa Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman jenis kelapa sangat banyak tumbuh di wilayah tropis yang dapat menyebabkan minyaknya disebut seabgai minyak tropis. Dari daging atau buah kelapa menghasilkan minyak kepala olahan. Oleh karena itu bisa menjadi bagian dari Sejarah Minyak Kelapa di Indonesia. Dahulu kala minyak kelapa ini lebih dikenal dengan namanya minyak kelentik, biasanya dulu digunakan oleh nenek moyang kita untuk menyemir rambutnya agar hitam berkilau lagi.

Tradisi Sejarah Minyak Kelapa di Indonesia
Tradisi untuk mengkonsumsi minyak kelapa sudah dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia seperti misalnya pada ibu hamil yang akan melahirkan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa ½ gelas sebelum melahirkan agar proses persalinannya menjadi lancer dan mudah. Dan juga membuat ASI pada ibu menjadi lancer dan banyak.

Dari jaman dahulu minyak kelapa ini juga sudah sering digunakan. Namun pada dekade 90an minyak kelapa hilang dari pasaran. Hal ini disebabkan karena perang dagang antara produsen sayur yang terdiri dari minyak kedelai, minyak jagung, minyak kanola dari negara barat dengan produsen minyak kelapa yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia ini.

Dengan trik untuk menyebarkan isu negatif bahwa minyak kelapa sebagai sumber dari segala penyakit. Banyak para ahli gizi yang tidak mampu membantah tentang isu itu sehingga minyak kelapa dijauhi dan ditakuti banyak orang karena khawatir akan bahayanya.

Minyak goreng biasanya digunakan dalam kegiatan memasak. Pada proses menggoreng minyak digunakan sebagai media penghantar panas, penambah nilai gizi dan kalori makanan yang digoreng. Jika pemanasan yang lebih dan lama dilakukan pada minyak goreng hal ini dapat mengubah asam lemak tak jenuh menjadi radikal bebas dan gugus peroksida lainnya. Dalam jangka panjang hal ini dapat memicu terjadinya kanker jika memang tidak dibarengi dengan pola hidup sehat, singkat demikian Sejarah Minyak Kelapa di Indonesia.

MANFAAT COCONAT OIL

1.      Mempertajam fungsi kognitif otak
Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari virgin coconut oil adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya.

MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati dibanding jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme lebih cepat. Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori, seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

2.    Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Hampir 50 persen dari asam lemak dalam virgin coconut oil adalah asam laurat. Ketika asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Lebih spesifiknya, kedua zat dalam minyak kelapa ini terbukti mampu membunuh bakteri Staphylococcus Aureus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, penyebab umum dari berbagai infeksi jamur. Asam laurat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik. 

3.    Mengurangi frekuensi kejang anak

Kandungan MCT dalam virgin coconut oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton yang dikirim ke otak sebagai sumber energi utama. Jika minyak kelapa dara dikonsumsi rutin berbarengan dengan diet rendah karbohidrat, pada gilirannya ini akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi — bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat-obatan.
4.     Melancarkan pencernaan
Virgin coconut oil berperan besar untuk membantu Anda memiliki sistem pencernaan yang lebih baik dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa MCT dalam kandungan minyak kelapa dara benar-benar bisa mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.
5.    Membantu menurunkan berat badan
Selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Dengan kata lain, tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Selain itu, minyak kelapa dara tampak sangat efektif mengurangi lemak perut, yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Metode seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara membantu meningkatkan metabolisme Anda. Satu studi menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu, manfaat virgin coconut oil juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Komentar

Postingan Populer